Penerapan Komunikasi Persuasif dalam Meningkatkan Minat Baca Al-Qur’an pada Anak

Authors

  • Siti Patonah UIN Sultha Thaha Saifuddin Jambi
  • Samsu

Keywords:

Komunikasi Persuasif Minat Baca Al-Qur’an

Abstract

Manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya memerlukan komunikasi, sehingga bisa bertukar informasi dengan orang lain. Tanpa adanya komunikasi tidak akan terjadinya tranformasi nilai agama, sosial dan pendidikan, peran komunikasi sangat penting dalam era moderenisasi sekarang ini ketika umat islam dihadapkan dengan berbagai persoalan yang menggelisahkan. Proses transformasi nilai islam melalui komunikasi pada dasarnya bertujuan untuk membebaskan manusia dari kebodohan, ketergantungan dan penindasan. Dengan kata lain manusia agar senantiasa berjalan dijalan Allah. Al-Qu’ran adalah kitab suci agama islam, umat islam percaya bahwa Al-Qur’an merupakan puncak dan penutup wahyu Allah Swt yang diperuntukan bagi manusia dan sebagai wahyu yang diterima Rasulullah. Al-Qur’an juga memiliki multi fungsi, selalu mempunyai hubungan yang pasti dalam fenomena kehidupan manusia diantaranya, Mukjizat, Akidah, Ibadah, Ahlak, Hukum dan Sejarah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan komunikasi kualitatif dengan metode deskrisptif dengan menekankan kepada penerapan komunikasi persuasif dalam meningkatkan minat anak membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data, jenis dan sumber data, penyajian data dan penarikan pengajian kesimpulan. Hasilnya penulis menemukan bahwa tingkat keberhasilan dalam meningkatkan minat anak membaca Al-Qur’an dengan menggunakan pendekatan komunikasi persuasif ternyata mempengaruhi anak untuk membaca Al-Qur’an.

Downloads

Published

2022-06-10

Issue

Section

Articles